Terus Berusaha Mengubah Hingga Kelelahan

Kita kelelahan karena kita kira satu-satunya cara memulihkan batin adalah dengan mengubahnya. Terjerat di pola pikir: Ketika pikiran negatif muncul, kita harus mengubahnya menjadi pikiran positif. Ketika perasaan negatif datang, kita wajib mengubahnya menjadi perasaan posiitif.

Di saat kita berusaha mengubahnya, ternyata pikiran dan perasaan semacam mempertahankan kedudukannya. Enggan diubah. Terjadilah adu kekuatan. Bahkan pikiran dan perasaan negatif malah makin menjadi-jadi, terasa kian bertambah banyak. Atau disebut dengan istilah “Rebound effects”

Jadilah hidup seperti “Aku vs pikiran & perasaanku: Ketika pikiran & perasaan kurasa nyaman, aku harus mempertahankannya. Ketika pikiran & perasaan kurasa enggak nyaman, aku harus mengubahnya.”

Sekalipun kita hanya mau yang bikin nyaman, dan enggan yang bikin tidak nyaman, kenyataan hidup akan selalu tersaji dari nyaman dan tidak nyaman.

Kadang kita perlu diingatkan bahwa baik yang nyaman maupun tidak nyaman itu hanya sementara. Sekuat apapun usaha kita, tidak akan ada yang bisa selamanya. Hidup ini menjadi hidup karena sifat alami ketidakkekalannya.

Tidak salah berusaha mengubah pikiran & perasaan, tapi ingat juga untuk menerimanya. Mengendurkan ketegangan antara diri dengan pikiran & perasaan.

Dan kalau kita mau merenung sejenak saja, yang bikin kita menderita bukanlah kenyataan yang terjadi, bukanlah pikiran dan perasaan kita sendiri. Tapi yang bikin kita menderita adalah ketegangan batin akibat kita ingin mempertahankan yang nyaman dan mengubah yang tidak nyaman.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

18