Sibuk Kerja Lupa Bahagia?

Dari dulu aku pingin bahagia. Dan sejak kecil, disadari atau tidak, aku diberi pemahaman: “Bahagia itu sebuah perasaan setelah aku mendapatkan yang aku inginkan”. Tapi apakah kenyataannya emang demikian?

Setauku, aku akan bahagia setelah lulus kuliah, punya pekerjaan mapan sesuai passion, sibuk kerja, punya uang, punya pasangan, sibuk kerja, punya kendaraan, sibuk kerja, punya rumah, punya keluarga… Tapi sebatas kenyataan yang aku alami tidak demikian. Yang aku rasakan bukan bahagia. Tapi ternyata hanya gembira sesaat.

Gembira itu enggak bisa bertahan selamanya. Bahkan enggak bisa bertahan lama. Gembira itu bisa surut lenyap & berganti jadi rasa sepi hampa. Bahkan gembira itu bisa membuatku menderita, karena aku terjerat ingin gembira itu selalu ada. Jadi perasaan akibat aku mendapatkan yang aku inginkan itu gembira, bukan bahagia.

Aku jadi belajar, bahagia enggak ada kaitannya dengan berhasil atau tidaknya aku mendapatkan yang aku inginkan. Juga enggak ada kaitannya dengan banyak atau sedikitnya followers, uang & apapun di luar diriku. Aku jadi belajar, bahagia itu soal nyaman, damai, tentram di dalam diriku sendiri.

Aku jadi belajar, ternyata bahagia itu sudah ada sejak aku lahir & selalu ada. Jadi aku enggak perlu berusaha untuk mencari bahagia. Usahaku agar bahagia malah jadi kendala untuk bahagia. Aku hanya perlu berhenti berusaha agar bahagia. Istirahat, sehingga aku bisa menengok ke dalam diriku sendiri.

Aku jadi belajar, ternyata bahagia itu perihal ketenangan di dalam diri, menerima apapun kenyataan yang terjadi seapaadanya. Akar penyebab aku tidak bahagia: Aku enggak nyaman dengan diriku sendiri & aku enggak mampu menerima kenyataan seapaadanya.

Ketika aku bisa perlahan melepaskan cengkeraman pola pikir: “Bahagia itu sebuah perasaan setelah aku mendapatkan yang aku inginkan”, ketika aku bisa berhenti berusaha untuk bahagia & menerima kenyataan seapaadanya, aku kembali bertemu bahagia yang selalu ada di dalam diri.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

10