Sekilas Tentang Self Healing

Sebatas yang saya tau dari seorang teman yang mempelajari kehidupan hewan di hutan: Ketika seekor hewan terluka, dan tidak ada manusia yang menolongnya, apa yang hewan itu akan lakukan?

Enggak semua hewan ya. Tapi kebanyakan hewan akan cenderung memisahkan diri dari kerumunannya, dan… istirahat. Tujuannya apa? Memulihkan diri, berbekal energi yg ada di dalam dirinya sendiri. Self healing. Barangkali dalam rangka self healing, yang kita perlukan sebenarnya adalah istirahat.

Tidak banyak orang, apalagi di zaman modern ini, yang bisa beristirahat dengan kualitas yang cukup sehat. Kita sudah terlanjur kecanduan sibuk bekerja. Tapi meski dirasa sulit, tidak ada salahnya, kita belajar untuk beristirahat. Bukan hanya istirahat badan, tapi juga pikiran ya.

Sekilas soal SELF HEALING, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Sering denger “Biarin waktu menyembuhkan patah hati ini”?

Itu enggak sepenuhnya benar. Tetap perlu mengajak diri beristirahat. Tanpa upaya untuk memulihkan diri, cuma mengandalkan waktu, apalagi patah hatinya cukup parah, bakal sulit sembuh.

2. Latih badan & pikiran istirahat

Istirahat badan mungkin kita udah tau caranya. Lagipula saya tak mempelajarinya. Untuk istirahat pikiran, bukan soal kondisi sekitar. Bukan karena ada orang tau, pasangan, anak, jadi enggak bisa istirahat. Tapi ini lebih ke soal kurangi penolakan yang ada di dalam diri. Kurangi harusnya gini gitu.

3. Iya, diri kita punya kekuatan cukup besar untuk memulihkan batin sendiri.

Tapi kita perlu ajak diri berada di kondisi yang kondusif untuk pulih. Kalau enggak, ya sulit. Kondisi yang kondusif ini jalannya lewat istirahat. Sayangnya kita ini kesulitan sepenuhnya beristirahat ya?

Biar bisa sepenuhnya istirahat di zaman sekarang, kita perlu belajar cara beristirahat. Bekali ilmu soal memulihkan batin, sehat mental. Apalagi kalau patah hati, luka batinnya cukup dalam. Beranikan diri minta bantuan profesional. Self healing juga perlu bantuan orang lain lho.

Cukup segitu dulu ya sekilas SELF HEALINGnya. Intinya, kita sama-sama punya kekuatan di dalam diri untuk memulihkan batin kita sendiri. Tapi perlu adanya kondisi yang mendukung agar bisa memulihkan diri sendiri, yaitu dengan istirahat. Juga beranikan diri belajar & minta bantuan ya terkait memulihkan batin.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

36