Pemulih Batin Sendiri

Seri belajar sadar diri di sini-kini

Kita kira ilmu untuk memulihkan batin, ilmu olah batin agar mengalami pencerahan itu ilmu yang sangat rumit dan rahasia. Hanya dimiliki segelintir orang terpilih yang bersembunyi di tempat-tempat yang juga rahasia.

Barangkali itu ada benarnya. Tapi ada upaya sederhana yang sering kita abaikan untuk menjadi pemulih batin diri sendiri, yaitu cukup dengan meluangkan waktu untuk duduk diam mata terpejam. Hening. Menemui diri sendiri. Hanya menyadari pikiran dan perasaan yang datang pergi silih berganti.

Menyadari pikiran dan perasaan, gimana itu?

Ya seperti setiap hari kita menyadari orang-orang di sekitar, menyadari berbagai hal yang di post di social media. Tapi kita jarang bahkan tak pernah menyadari pikiran dan perasaan kita sendiri.

Setiap hari kita mencermati cerita hidup orang lain. Tak ketinggalan pula mencermati cerita series film drama. Tapi lagi-lagi kita lupa mencermati pikiran dan perasaan kita sendiri.

Padahal hal penting dan mendasar sebelum terlalu berambisi mempelajari ilmu-ilmu yang hebat terkait memulihkan batin adalah mengamati diri kita sendiri.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

5