Meragukan Cinta

Suka ngetes pasangan, dia beneran cinta enggak ya? Kamu suka gitu? Apa pasanganmu yang suka gitu? Suka meragukan cinta dan kebaikan orang lain?

Saya mau cerita dulu… Seorang temen saya udah lama banget belajar seni teater & bermain peran. Pas kumpul bareng temen, kalau dia cerita, sekalipun itu beneran nyata, kami selalu curiga dia cuma bermain peran. Cuma pura-pura. Tak jarang jadi bahan bercanda: “Maklum pemain teater.”

“Sekalipun itu beneran nyata, kami selalu curiga dia cuma bermain peran. Kenapa?” Karena dia udah lama banget belajar seni teater & bermain peran. Begitu pula mungkin yang terjadi dalam hal: Kita suka meragukan cinta & kebaikan orang lain. “Maksudnya gimana?”

Sekalipun beneran dicintai, atau ada yang berbuat baik, kita cenderung meragukannya & tak percaya. “Pasti ada maksud, modus. Pasti pura-pura.” Kenapa? Mungkin karena beberapa kali mengalami begitu, lalu memukul rata semuanya begitu.

Tapi yang jarang disadari, penyebab lainnya adalah… Karena kita sering diajari untuk mencintai dan berbuat baik.

Kok bisa?

Sejak kecil, begitu sering kita diajari untuk mencintai, berbuat baik, jangan menyakiti & membenci. Orang lain juga diajari serupa. Sehingga kita menganggap cinta itu bisa jadi rekayasa, tak lagi apa adanya.

Tapi gimana kalau ada yang benci?

Sikap kita sebaliknya. Kita jarang bahkan tak pernah meragukannya. “Enggak mungkin dia pura-pura membenci. Dia pasti membenciku.” Ternyata kita lebih percaya benci daripada cinta. Tanpa sadar, kita merasa benci itu lebih autentik daripada cinta.

Jadi sadar, kalau saya jadi suka meragukan cinta & kebaikan orang lain… bisa jadi artinya saya terjajah oleh akumulasi ajaran cinta & berbuat baik yang ada di kepala sendiri. Penghalang besar merasakan cinta barangkali adalah ajaran mengenai cinta itu sendiri. Kalau saya tidak terjajah, saya jadi bisa memberi ruang kemungkinan:

“Kalau ada yang cinta, bisa jadi itu beneran cinta. Kalau ada yang benci, bisa jadi itu hanya pura-pura.”

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

5