7 Tips Awal Mengatasi Kecanduan

Kecanduan main game, nonton drama, porno, social media, alkohol, merokok, shopping, ngemil, makan-minum manis, gigit kuku atau kebiasaan yang relate dengan nervous. Berikut 7 tips yang membantu saya berhasil mengatasi kecanduan. Meskipun belum tentu cocok juga buat orang lain ya.

1. PERBAIKI POLA ISTIRAHAT & JAM TIDUR

Ini tips pertama dan tips paling mendasar. Kenapa? Karena mengatasi kecanduan itu butuh tenaga. Tenaga jadi gampang anjlok kalau pola istirahat & jam tidur berantakan. Memperbaikinya misal dengan: Tidur siang, kurangi begadang, sejam sebelum tidur enggak lihat hp, tiap malam meditasi.

2. CARI ATAU BIKIN SUPPORT SYSTEM

Teman yang memberi semangat, teman yang juga lagi berusaha mengatasi kecanduan, bisa juga online support group, kalau perlu minta bantuan profesional (psikolog, psikiater, dsb).

3. TIAP PINGIN MELAKUKAN KECANDUAI ITU, BERLATIH HANYA MENYADARI KEINGINAN

Tidak mudah, tapi saya terus berlatih: Sadari keinginan – Jeda – Tidak reaktif melakukannya – Sadari sensasi tubuh yang muncul – Sadari keinginan yang naik turun pasang surut, seperti ombak – Hanya sadari aja.

4. UBAH LINGKUNGAN

Pelan-pelan berusaha menyingkirkan apapun yang memicu keinginan saya melakukan kecanduan itu. Contoh: Mengatasi kecanduan makan junk food. Jangan sampe ada makanan junk food di rumah. Atau akses saya untuk mengkonsumsinya, saya bikin sulit banget.

5. BERUPAYA MEMULIHKAN BATIN & MERAWAT KESEHATANNYA

Kecanduan biasanya kita gunakan untuk mengalihkan diri dari perasaan yang enggak nyaman. Misal: patah hati, marah sama pasangan, kehilangan seseorang, stres kerja. Jadi perlu memulihkan batin & ganti candu itu dengan kegiatan yang sehat.

6. GANTI CANDU DENGAN KEGIATAN YANG SEHAT

Pola yang terjadi: perasaan enggak nyaman lalu melakukan kecanduan. Candu seolah jadi cara mengatasi perasaan enggak nyaman. Padahal itu hanya mengalihkan. Perlahan ubah pola jadi: perasaan enggak nyaman, lalu misal: meditasi, jalan kaki, makan buah, dsb.

7. SADARI KONDISI-KONDISI YANG JADI TITIK LEMAH MELAKUKAN KECANDUAN

Lalu bikin strategi terkait kondisi itu. Misal: Tiap ke rak snacks di supermarket, selalu beli & di rumah jadi kecanduan ngemil. Maka sebisa mungkin enggak ke rak snacks pas di supermarket.

BISA JUGA MINTA SUPPORT TEMAN

Misal dengan dibikin permainan. Bilang ke beberapa temen, saya lagi berlatih mengatasi kecanduan makan gorengan. Kalau saya ketauan makan gorengan, saya wajib bayar 500 ribu ke mereka.

Yang penting, saya menyikapinya sebagai belajar atau latihan. Jadi bertahap. Pelan-pelan. Enggak bisa saya sekejap langsung berhenti total. Tapi sedikit demi sedikit ada kemajuan lebih baik dalam mengatasi kecanduan. Dan juga perlu benar-benar sadari akibat dari kecanduan. Kalau kecanduan masih berlanjut, tentu disarankan untuk ke profesional, psikolog, psikiater, atau konselor.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

4