Mengapa Penting Berlatih Hanya Menyadari Pikiran & Perasaan Sendiri?

Betapa sering kita ini menderita sebenarnya lebih karena kita melawan & mempertahankan pikiran dan perasaan kita sendiri.

Ketika pikiran & perasaan yg kita hakimi (-) muncul, kita berusaha lawan, tendang, ubah atau kita melarikan diri darinya. Ketika pikiran & perasaan yg kita hakimi (+) muncul, kita berusaha pertahankan, genggam, jerat agar terus menetap. Kita mesti berlatih hanya menyadarinya.

Pelan-pelan kurangi melawan pikiran & perasaan sendiri. Pelan-pelan kurangi pula menggenggam pikiran & perasaan sendiri. Kita ini bisa begitu tega bertindak sangat jahat gara-gara pikiran-perasaan lho. Melakukan hal-hal yg semestinya tidak kita lakukan. Hingga kita pun menderita.

Jangan sampai kita ini terus terjebak dalam melawan & mengenggam pikiran-perasaan. Karena begitu kita terjebak, yg tersisa hanya keserakahan mendapatkan yg kita inginkan. Tega memilih jalan kekerasan. Berlatih hanya menyadari pikiran-perasaan kita sendiri adalah pembebasnya.

Oleh karena itu, berlatihlah hanya menyadari pikiran-perasaan sendiri. Caranya gimana? Duduk diam, mata terpejam. Hening. Kuatin otot kesadaran dulu dengan menyadari napas. Setiap pikiran-perasaan muncul, perlahan kembali sadari napas. Berulang kali begitu.

Setelah otot kesadaran lumayan kuat, barulah berlatih hanya menyadari pikiran-perasaan. Latihan ini membantu membuat hidup kita bisa lebih baik. Kenapa? Karena kita bisa berjarak dgn pikiran-perasaan sendiri. Keluar dari sikap melawan & menggenggam. Beralih ke hanya menyadari.

Dan ini melatih kesadaran yang akan melahirkan kebaikan. Kesadaran yang kuat akan menjauhkan dari perbuatan yang jahat, dan mendekatkan ke perbuatan yang tepat. Enggak mungkin orang yang benar-benar sadar diri, perbuatannya jahat & tidak tepat.

Kalau pun ada, kemungkinan dia enggak benar-benar sadar diri. Mungkin dia masih terjebak melawan-menggenggam pikiran-perasaannya sendiri. Karena kalau orang benar-benar sadar diri, dia akan jernih tau mana kebaikan, dan dia akan melakukan kebaikan.

Oleh karenanya, untuk hidup lebih baik, kita perlu berlatih hanya menyadari pikiran-perasaan kita sendiri. Latihan ini akan menuntun kita untuk lebih hidup sepenuhnya di saat ini, di sini-kini.

Latihan ini akan menuntun kita untuk tidak perlu terlalu menyesali kenangan pahit, dan juga tidak perlu terlalu terjerat kenangan manis. Tidak perlu terlalu mengkhawatirkan kemungkinan buruk di masa depan, dan juga tidak perlu terlalu mendambakan kemungkinan indah di masa depan.

Jadi kita lebih mampu berpikir jernih untuk milih langkah, sebaiknya kita perlu melakukan ini & itu. Kalau nambah isi kepala dgn banyak pengetahuan, tapi tidak disertai latihan kesadaran, bisa2 kita pintar tapi egois, kepintaran kita gunakan buat kejahatan, pintar tapi menderita.

Jadi selain belajar, membaca berbagai buku, nambah isi kepala dgn banyak pengetahuan, juga penting meluangkan waktu membaca diri sendiri. Berlatih hanya menyadari pikiran-perasaan. Berarti dengan tekun melakukan latihan ini, kita juga mempelajari hidup, mempelajari manusia, mempelajari diri kita sendiri.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

35