Memulihkan Takut

Seri belajar memulihkan batin

Takut jatuh cinta, takut omongan orang lain, takut gak punya uang, takut kehilangan, takut gagal, takut dianggap gak keren, takut, takut, dan takut. Begitu banyak takut dalam hidup ini.

Kita perlu memeriksa diri sendiri dulu ya, jangan-jangan akar dari rasa takut itu berasal dari persepsi yang keliru. Cara memeriksanya gimana?

Latihan duduk diam hening, menyadari napas, akan menguatkan otot kesadaran. Dan ini akan membantu kita melihat rasa takut lebih dalam.

Saat dikunjungi rasa takut, kita cenderung:
– Melarikan diri sembunyi darinya. Takut karena rasa takut
– Menyembunyikannya, mengalihkannya & berpura2 tidak takut
– Melawannya mati-matian

Untuk memulihkannya, kita perlu menemuinya, menyadarinya. Tidak menghindar, tidak mengusir. Bukannya rasa takut itu mesti dikalahkan?

Tidak perlu menganggap rasa takut sebagai lawan. Tidak perlu berusaha mengalahkan rasa takut. Tidak perlu pula berkata kepada diri sendiri, “tidak takut, tidak takut, tidak takut” dalam rangka meyakinkan diri agar tidak takut. Lalu?

Berlatih mengakui rasa takut itu ada. Dan hanya sadari. Tak perlu bereaksi. Kesadaran kita perlahan akan memeluk rasa takut itu.

Dengan duduk bersama rasa takut & kesadaran yang memeluknya, perlahan rasa takut itu akan pulih dengan sendirinya. Rasa takut akan apapun perlu kita rawat dengan latihan seperti ini. Kalau tekun berlatih, saat rasa takut berkunjung lagi, ia tak semenakutkan sebelumnya.

Sebenar-benarnya berani bukanlah tidak adanya rasa takut. Sebenar-benarnya berani adalah ketika kita mengakui bahwa kita takut, dan kita menerima & memeluk rasa takut.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

4