Kuatkan Daya Tahan Tubuh? Mari Berlatih Mindfulness

Sebelum membahas tentang bagaimana cara agar daya tahan tubuh tetap baik, ketahui terlebih dulu apa itu mindfulness. Sudah banyak referensi yang menjelaskan namun sederhananya mindfulness merupakan kesadaran pikiran yang berada di saat ini, di sini – kini.

Kelihatannya memang seperti mudah, namun ternyata perlu latihan rutin. Mulai dari niat yang kuat dan bersikap tidak reaktif terhadap suatu kondisi.

Gimana sih sederhananya hubungan daya tahan tubuh – mindfulness?

Nyatanya energi yang kita digunakan bukan hanya untuk aktivitas fisik, namun juga pada saat diam mungkin sekali pikiran tetap bekerja. Bahkan, sebagian besar energi kita gunakan buat kerja pikiran.

Sederhananya makin sering pikiran ngelayap, makin terkuras energi, daya tahan tubuh makin lemah. Namun jika kita mampu berlatih sadar di sini-kini, makin hemat energi, daya tahan tubuh lebih terjaga.

Latihan mindfulness buat pemula yang paling dasar yaitu dengan berlatih meditasi. Sebenarnya banyak juga cara lain untuk meditasi, namun cara di bawah ini cukup mudah diikuti dan cukup jitu untuk bisa hadir di saat ini, di sini – kini.

1. Temukan waktu dan tempat yang cukup tenang

Biasanya saya latihan pagi hari, jadi belum banyak yang bangun. Di sudut kamar di mana saya bisa duduk diam beberapa saat, setidaknya tanpa ada gangguan yang berarti.

2. Duduk senyaman mungkin

Enggak perlu terlalu rewel soal cara yang baik untuk duduk, pakaian yang harus dikenakan dan lain sebagainya. Cukup mulai dengan duduk bersila di bantal membelakangi tembok. Pake bantal seadanya dulu atau tanpa bantal juga tak apa. Jika merasa tidak kuat, bisa juga duduk di kursi.

3. Mulai latihan beberapa menit aja dulu

Bukan langsung 30 menit karena ini bukan tes lama-lamaan, tapi soal membentuk kebiasaan baru karenanya perlu bertahap. Mulai 5 menit aja dulu, biar lebih mudah. Setelah setiap hari 5 menit, barulah bertahap ditambah jadi 10 menit, dan seterusnya

4. Sadari napas

Tarik napas, sadari sedang menarik napas. Embuskan napas, sadari sedang menghembuskan napas.

Pasti pikiranmu akan ngelayap, tidak apa-apa. Sadari aja, lalu perlahan kembali sadari napas. Ulangi terus berulang kali selama durasi latihan. Sabar dan tekun berlatih.

Begitulah latihan sederhana mindfulness yang selama ini saya lakukan setiap hari. Selama ini saya juga masih sering gagalnya. Tapi saya sadar diri, latihan mindfulness bukanlah soal harus berhasil. Latihan ini lebih ke beristirahat di sini-kini. Mengurangi menghakimi.

Adjie Santosoputro
Author: Adjie Santosoputro

Inilah kesadaran hidup seorang Adjie Santosoputro. Lulusan cumlaude Psikologi UGM dan sempat menjadi finalis wirausaha muda bank besar di Indonesia ini punya minat besar perihal mengistirahatkan pikiran, kesembuhan luka batin, serta hidup sadar berbahagia.

Posted on March 12th, 2020