76 students

Terdiri dari 10 video diantaranya membahas tentang pemicu, cara, dan latihan Menghentikan Kebiasaan Buruk dengan Pendekatan Mindfulness.

Form pertanyaan: http://bit.ly/sesionlineMKB

 

Q&A Modul Menghentikan Kebiasaan Buruk


Mas bagaimana cara memantapkan hati agar bisa totalitas menghentikan kebiasaan buruk juga bisa konsisten dengan kebiasaan baik? (Raka)

Ada beberapa saran biar bisa totalitas menghentikan kebiasaan buruk:

  1. Cari alasan yang kuat buat menghentikan kebiasaan buruk itu.
  2. Berkomitmen sepenuhnya.
  3. Sadari pemicu melakukan kebiasaan buruk itu.
  4. Sadari dibalik kebiasaan buruk itu sebenarnya ada kebutuhan apa yang perlu kamu penuhi.
  5. Punya kebiasaan baik sebagai pengganti, dan lalukan setiap kali mengalami pemicu.
  6. Sadari keinginan melakukan kebiasaan buruk itu dan belajarlah menunda untuk melakukannya.
  7. Sadari pikiran-pikiran yang berisi pembenaran untuk melakukan kebiasaan buruk itu.
  8. Menghentikan kebiasaan buruk dengan bertahap.
  9. Belajar dari kesalahan sebelumnya.

Selengkapnya sudah saya jelaskan di video.

 

Saya punya kebiasaan buruk selalu berpikir kalau saya tidak bisa diterima lingkungan. Harus bagaimana ya mas mengubah pola pikir ini? (Prita)

Menghentikan kebiasaan buruk terkait berpikir, adalah menghentikan kebiasaan buruk di level lanjut. Mengapa? Karena berpikir-pikiran bersifat tidak fisik, sehingga lebih tidak terlihat.

Agar bisa menghentikan kebiasaan buruk level lanjut, perlu terlebih dahulu melatih diri menghentikan kebiasaan buruk level pemula dan menengah. Berlatih menghentikan kebiasaan buruk yang bersifat lebih terlihat.

Terkait level kebiasaan buruk dan contohnya sudah saya jelaskan di video.

 

Kebiasaan buruk aku selalu minum obat tidur karena insomnia. Bagaimana ya mas biar bisa perlahan berhenti? (Nyimas Elvie Farida)

Bisa dimulai dengan menelurusi ke dalam diri… Dibalik kebiasaan minum obat tidur dan insomnia itu sebenarnya ada penyebab apa. Mengapa kamu insomnia? Tak perlu tergesa dijawab. Perlahan beri waktu dirimu buat menemukan jawabannya.

Dengan mengetahui penyebab utamanya, maka bisa dijadikan bekal untuk membantu berlatih menghentikan minum obat tidur dan insomnia.

 

Instructor

User Avatar Adjie Santosoputro

Inilah kesadaran hidup seorang Adjie Santosoputro. Lulusan cumlaude Psikologi UGM dan sempat menjadi finalis wirausaha muda bank besar di Indonesia ini punya minat besar perihal mengistirahatkan pikiran, kesembuhan luka batin, serta hidup sadar berbahagia.
Rp 200,000