Berbuka dengan Sadar (Latihan Mindful Eating)

“Menyadari diri sedang makan adalah bentuk latihan mencintai diri sendiri.”

Latihan mindful eating setidaknya dilakukan 1x dalam sehari. Oleh karena itu, pilihlah waktu makanmu (sarapan, makan siang, atau makan malam), yang kamu rasa kamu bakal bisa melakukan latihan ini. Makan dengan syarat minimal 5 menit tanpa bicara, tanpa nonton tv, tanpa pegang hp, tanpa sambil melakukan hal lainnya. Makan hanya makan saja.

Memungkinkan juga kalau kamu terbiasa makan camilan di sore hari, kamu bisa gunakan menikmati camilan untuk berlatih mindful eating.

Selama menyantap makanan, saran saya, berlatihlah menyadari makan minimal selama 5 menit di awal makan. Kalau mau, kita juga bisa melakukannya sampai makanan habis. Tapi kita sebagai pemula, ini tidak wajib.

Apa yang kita lakukan minimal selama 5 menit berlatih mindful eating? Berikut cara latihannya:
1. Tutup akses ke semua gangguan. Matikan tv, tutup laptop atau komputer, letakkan hp atau gadget, tidak pegang buku. Yang ada hanya makanan.

2. Tidak bicara minimal selama 5 menit. Kalau ada temanmu yang makan bersamamu di waktu kamu berlatih mindful eating, mintalah dengan sopan untuk tidak bicara kepadamu selama waktu itu. Atau, ceritakan tentang latihan ini, lalu ajak dia untuk ikut latihan bersamamu. Memang seringkali lebih mudah kalau kamu makan sendirian saat berlatih ini. Apalagi kalau temanmu tidak mau menyetujui permintaanmu itu.

3. Saat gigitan pertama, sadari sensasi makanan yang kamu santap. Teksturnya, aromanya, berbagai rasanya. Nikmati setiap gigitan. Telan pelan-pelan. Sehingga kamu bisa benar-benar menyadari makanan itu.

4. Ketika pikiranmu mengembara menjauh dari sensasi makanan, sadari pikiran itu. Pelan-pelan arahkan kembali pikiranmu menyadari tarikan dan embusan napas, lalu menyadari sensasi makanan. Seperti ketika kamu mengarahkan kembali pikiranmu menyadari napas dalam latihan mindful sitting.

5. Sadari bagaimana perasaanmu saat makan. Bagaimana sensasi tubuhmu? Apakah kamu merasa nyaman, tidak nyaman, menyenangkan? Apapun itu, hanya sadari.

6. Berhentilah sejenak di antara gigitan, ketimbang tergesa memasukkan suapan berikutnya ke mulutmu (saya masih sering tergesa :)). Bernapaslah. Arahkan perhatianmu ke napasmu. Menyadari beberapa kali tarikan dan embusan napas, sebelum mengangkat lagi sendok dan garpumu.

7. Ulangi ini di setiap gigitan, di setiap suapan.

Kita tidak harus menerapkan setiap langkah ini sampai makan selesai. Tapi itu tadi 7 hal yang perlu kita perhatikan saat berlatih mindful eating.

Kalau kita berlatih mindful eating sampai makan selesai, cobalah sadari juga tingkat kekenyangan. Berusahalah berhenti makan sebelum terlalu kenyang.

Semoga kita semua bisa menerima kenyataan seapaadanya.

41